Strategi pengembangan belajar pada anak usia dini ( PAUD )
Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan agar proses belajar mengajar dapat tercapai
dengan optimal sesuai dengan yang direncanakan.
Pendidik sebagai orang terdekat dengan kehidupan anak di luar lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.
Prinsip-prinsip pembelajaran
PAUD adalah berorientasi pada tujuan, aktivitas, individualitas, integritas, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, motivasi. Sedangkan model-model pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak
Pemdekatan yang harus dilakukan ialah :
model pendekatan Montesori, model pendekatan bank Street, model pendekatan High Scope, model pendekatan kurikulum Kreatif, model pendekatan Regio Emillia.
Dalam proses ini anak didik juga terkadang kurang dimotivasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan berketerampilan.
Untuk anak usia dini pada usia-usia tertentu tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya, baik oleh guru maupun orangtua, terlihat masih banyak anak-anak yang penakut, tidak mandiri dan tidak percaya diri itu sangat banyak dialami dan kurang nya perhatianya orang tua.
Terlebih di sekolah yang kurang inovatif dan kurang kreatif di mana banyak hal saat kegiatan dibantu oleh para guru, ketika anak didik selesai mengikuti kegiatan pendidikan pra sekolah, mereka pintar namun menjadi kurang mandiri.
Disini saya sediakan beberapa materi untuk anak paud yang bisa dipelajari dirumah.
Dalam materi pembelajaran tersebut akan membahas tentang
1. Mengembangkan Kreatif Anak Melalui Kegiatan Proyek,
2. Kegiatan Proyek Melalui Eksperimen,
3. Pembelajaran Pada Bidang
4. Pengembangan Bahasa,
5. Pembelajaran Pada Bidang Pengembangan Kognitif,
6. Pembelajaran Padabidang Pengembangan Agama,
7. Pembelajaran Pada Bidang Pengembangan Seni,
8. Pembelajaran Pada Bidang Pengembangan Sosial.
Unduh Materi Pembelajaran Anak Paud
mengenali dan memahami sifat anak merupakan bekal yang
sangat berharga bagi pendidik agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi dan metode yang tepat dalam setiap kegiatan belajar (bermain) yang diselenggarakan, sesuai dengan usia, tahap perkembangan. kebutuhan, minat belajar anak.
Belum ada Komentar untuk "Strategi pengembangan belajar pada anak usia dini ( PAUD )"
Posting Komentar